Senin, 10 Januari 2011

Tips-Tips Sukses Insan yang Bersyukur | Ucapkan Syukur| Ayat-Ayat Al-Qur'an

Pada suatu tempat, Pak Syukur mengelap keringatnya yang bercucuran di dahi dan di lehernya, sambil mengayuh becak dayung yang telah bersamanya selama 20 tahun. Dengan tubuh yang tidak lagi muda, tanpa beban dan tanpa lelah demi memenuhi kebutuhan keluarga tercinta Pak Syukur, dia terus mengayuh becak dayung nya untuk mencari penumpang di tempat mangkalnya setiap hari. Dengan cuaca sejuk dipinggiran sawah hijau dan perpohonan rindang yang dihembus angin sepoi di siang hari, kayuhan kakinya pelan dan senyuman motivasinya melewati sesaat kesejukan yang berada di tempat tersebut. Selintas lewatlah mobil sedan mewah beriring dengan becak nya di samping nya berjalan pelan. Pengemudi sedan mewah tersebut melihat Pak Syukur dengan tatapan hampa, namun lain Pak Syukur berikan senyuman kepadanya. Dalam hatinya “Bapak tersebut selalu tersenyum bahagia walaupun keadaannya seperti itu, sedangkan diriku selalu tidak puas dengan keadaan seperti saat ini” sambil melewati becak Pak Syukur. Terlintas di belakang Pak Syukur, teman lamanya Pak Yanto mengayuh sepeda ontel dengan berpakaian seragam guru “Assalamuallaikum, piye kabare, Syukur ?”.”wallaikumsalam, Alhamdulillah, yanto.” Sahut Pak Syukur tersenyum dan terjadilah perbincangan seru sambil melewati jalan yang sejuk tersebut.
Baiklah dari kisah diatas, bagi anda hanya kisah biasa ? atau kisah luar biasa ?. Nilai-nilai apa yang anda dapat dari kisah diatas ? baiklah, mari kita ambil sebuah makna dari cerita di atas. Makna “ rasa syukur” yang dipetik, ada Pak Syukur yang menjalani kehidupannya menjadi seorang becak dayung, dengan kegigihan untuk membahagiakan keluarga dan masa depan anaknya yang lebih baik darinya tetapi senyuman selalu terpancar dari nya ketika menyapa siapa saja. Ada pancaran rasa syukurnya kepada Allah yang telah di berikan padanya. Sedangkan orang yang mengemudi sedan mewahnya menatap hampa tidak bahagia, tidak puas dengan karunia Allah berikan padanya. Dalam dirinya tidak menunjukkan kesyukuran besar atas kekayaan yang dimilikinya.
Syukur, mungkin selintas kita selalu ingat dan lupa. Kalo dalam kesenangan, selalu lupa untuk bersyukur kepada Nya dan bila lagi susah selalu meminta kepada Nya. Allah telah mengetahui hal ini dari hamba-hambanya sedikit sekali bersyukur. Mari simak ayat berikut ini :
Dimulai semenjak kita di ciptakan, lahirkan hingga tutup usia

16:78. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

23:78. Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur.

31:14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

32:9. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

46:15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

Syukur di setiap saat :
25:62. Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin memgambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.

28:73. Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

2:152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

7:10. Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.

14:7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".


Ada orang yang ingin cepat kaya dengan mencari rezeki selain dari Nya. Simaklah ayat berikut ini, wahai saudara :
29:17. Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu; maka mintalah rezeki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan.

39:66. Karena itu, maka hendaklah Allah saja kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur".

16:114. Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.

Kisah Nabi Sulaiman as
27:19. maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".

27:40. Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab: "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barang siapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barang siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia".

27:73. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mempunyai karunia yang besar (yang diberikan-Nya) kepada manusia, tetapi kebanyakan mereka tidak mensyukuri (nya).

Ini hanya sebagian ayat-ayat Al-Qur’an. Petik lah pelajaran dari Nabi-nabi terdahulu hingga Nabi Muhammad saw dan para sahabat telah menunjukkan kesyukurannya kepada Allah swt. Lalu apa yang membuat anda tidak bersyukur ? mulai detik ini, bersyukurlah, ingatlah dan ulangi setiap bangun tidur dengan lafaz zikir yang menunjukkan syukur kita kepada Nya telah dihidupkan kembali untuk menjalani hari ini, disaat shalat terus zikir dan terus setia hari nya.
Hanya ini yang saya sampaikan sebagai insan yang saling nasihat-menasihati :
“Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.”
Mungkin tidak sempurna isinya, Penulis bukan lulusan agama, ustad, tapi saya menyampaikan pesan universal dari Nya yang penulis dapatkan dan terus belajar. Semoga bermanfaat dan jadi investasi ilmu di akhirat kelak. Jika anda tergugah juga untuk menyampaikan dakwahnya kirim ke email contact_to_me@yahoo.co.id. Saya akan posting dakwah anda.
wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

Assalamu alaikum wr wb, Selamat datang dan Terima kasih atas kunjungannya di blog MUSLIM SUPER SUKSES, Selalu semangat, Jadi Muslim Sejati, Blog ini mengajak Mari saling berbagi ilmu, motivasi, saling nasihat-menasihatisampaikan dakwah-dakwah saudara-saudaraku yang ingin ilmu nya jadi ladang amal hingga diakirat kelakkirim ke contact_to_me@yahoo.comlink mehttp://suksesdandahsyat.blogspot.comwassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites